Senin, 04 Januari 2016

Bluder Alias Roti Tulban

Libburrrr panjangkupun berakhir, dan liburanku ku isi dengan membuat aneka resep makanan yang mudah dan simple, aku juga menyempatkan membuat bluder (yang terakhir baru aku tau namanya adalah roti tulban) yang di beri resep oleh temanku....
Awalnya kue ini di buat oleh yani.... karena aku merasa gak asing dengan kue ini.. akupun menjadi penasaran dan meminta resepnya ke yani..., dan pada hari aku mencoba membuatnya akupun di komentari oleh mamaku katanya kue itu selalu dibuatkan di jaman dahulu kala di waktu aku masih SD, yang di beri nama Roti tulban.... dan barulah aku ngeh... pantas saja kue ini tidak asing bagiku... hehehehe.....
Di pagi itu akupun meng"obok2" ^^, isi dapurku untuk mencari bahan-bahan kue ini... dan ternyata semua ada... hanya kurang mentega saja.... dan mulailah aku membuat kue tersebut dengan terlebih dahulu meminta tolong ke ponakan untuk di belikan mentega..... yukk di simak..... !!!!!


Nnyyyaammm cake + roti sekalian hehehe.... ^^
Bahan-bahan :
1. 500 gram Tepung Terigu
2. 250 gram Gula Pasir
3. 1/2 kaleng Susu Kental Manis
4. 3 Butir Telur
5. 1 Sachet Ragi Instant (aku pake Haan)
6. 250 ml Air Hangat
7. 200 gram Mentega Cair

Cara membuat :
Dalam wadah besar campur tepung terigu, gula pasir, ragi instant dna aduk sebentar, setelah cukup tercampur rata masukkan telur dan adul lagi... masukkan skm dan aduk sebntar lagi... lalu masukkan air sedikit demi sedikit sambil terus di aduk-aduk, untuk mengaduknya cukup menggunakan sendok kayu atau spatula, setelah semuanya rata, terakhir masukkan mentega yang sudah di cairkan, aduk lagi sebentar..., masukkan adonan pada loyang/talang yang sudah diolesi mentega dan di taburi sedikit terigu.... diamkan adonan selama 30 menit, setelah 30 menit panggang adonan selama 30 menit dalam oven yang bersuhu 180 derajat selcius sampai kue kita kuning kecoklatan... dan kue kitapun siap... sajikan ketika kue sudah dingin... sangat nikmat di hidangkan sebagai teman minum kopi atau teh.....

Segitu dl yach guys... resep yang ku bagikan... oh iya sensasi ketika kita memakan kue ini seperti makan roti dan cake sekaligus hehehe...  dan kalau misalnya kalian rada2 ribet membaca resep ini... kalian bisa baca versi simplenya di cookpad aku dengan nam marlianimustamin....... ^^




Semangat libur dan semangat ngebake... hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar