Selasa, 19 Januari 2016

Pukis

"Tante Niniek belikan ki kue pukis... itu ada na jual di sana..." permintaan ponakanku ketika aku men-jagakan toko mammix karena beliau lagi ke pesta...., 
"Tidak ada uang tante niniek bawa nak".... jawabku... 
"jaganmi pale.... tapi pintarkikah buat kue pukis???, kita bikinkan ka saja besok le'.....
"ooww  iya e... gampang ji itu kue pukis... nanti besok tante niniek buatkan... gak usak beli-beli... malah lebih enak buatan tante niniek..." padahal aku tidak pernah buat... dan mengucap dalam hati... gampangggg kok... tinggal search di internet dan jadi dech.... hehehe
Sayangnya, aku belum sempat membuatkan ponakanku kue itu, dia sudah keburu berangkat ke Makassar untuk memeriksakan kesehatannya... dan karena aku sudah janji... maka awalnya aku buat dulu (untuk test2 awal sebelum dia datang)... hehehe...
Ada dua versi kue pukis hasil jelajahku di internet.... dan aku mencoba versi pertama yang menggunakan santan... uji coba pertamaku ternyata gak sesuai dengan ekspektasiku... kue itu nyaris gagal dan aku belum tau di mana letak kesalahannya...., dan lebih sakit hati lagi (hahaha^^), ponakanku yang kembar bilang bahwa itu bukan kue pukis tapi kue buroncong... wkwkwk (sakit gak tuch di protes abis sama ponakan sendiri hahaha... T__T)
Dan karena penasaran dengan kue yang nyaris gagal itu... maka kubuatlah versi ke duaku dengan memperhatikan setiap detailnya agar tidak terjadi kegagalan lagi... dan yyyeeeyyyy.... akupun berhasil... dan ponakanku sangat menyukainya....
Berikut adalah resep yang kutemukan di internet... dan aku modifikasi sedikit menurut versiku... ^^+

Yeeeyyy.... tidak gagal lagi hehehe..... ^^
Bahan-bahan :
1. 250 gram terigu
2. 200 gram gula pasir
3. 4 butir telur
4. 250 ml susu (bisa di ganti dengan santan)
5. 1 sdt ragi instant (aku pake merek haan)
7. 100 gram mentega cair
6. Vanili secukupnya
7. Maises ceres untuk taburan

Cara membuat :
Kocok telur dan gula sampai mengembang, setelah cukup mengembang masukkan vanily dan ragi instant kocok lagi sebentar... setelah cukup mengembang masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu bergantian dengan susu... aduk smpai merata... terakhir masukkan mentega yang sudah dicairkan...., tutup adonan dengan plastik wrap dan diamkan selama 30 menit sampai adonan sedikit berbiuh... stelah 30 menit, panaskan cetakan pukis sampai cukup panas (kurang lebih 180 derajat celcius), kecilkan api... dan masukkan adonan pada cetakan sampai 3/4 cetakan (jangan penuh biar ada ruang untuk adonan mengembang), panggang di atas apai kecil... setelah setengah matang taburi maises ceres di atasnya dan panggang lagi sampai kue matang, yang di tandai dengan pinggiran kue agak mengering... angkat dan sajikan.....


Well... kalau resep ini kurang jelas ^^... temanteman bisa lihat di cookpad saya https://cookpad.com/id/resep/530664-kue-pukis-maises?ref=recipe Okay guys met masak yachhh..... ^^



Ngebake itu sperti menemukan separuh jiwa kita hahaha.... lebay.com ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar