Rabu, 02 April 2014

FAM.....

Catatan ini aku tulis untuk berbagi kepada teman-temanku khususnya kaum wanita......

Sebulan lamanya diriku tidak menulis di blog ini, bukan karena tidak ingin... tetapi bulan lalu menjadi bulan yang cukup berat bagiku....
Berawal 3 bulan yang lalu ketika diriku aktif bermain tennis bersama teman-teman, biasanya sepulang olahraga aku sll pendinginan dan membersihkan diri, sore itu di kala aku selesai mandi... aku merasakan lengan sebelah kiriku kram dan nyeri di bagian dada sebelah kiri.... fikiran burukpun menghantui... jangan-jangan penyakit jantung... satu dua kali nyeri terasa masih kuabaikan hingga nyeri itu smakin sering...., akupun merencankan untuk segera ke dokter...., dan menunggu jadwal cek up tahunanku.... ketika jadwal cek up tahunan ku selesai aku menerima hasilnya... ternyata hasilnya semuanya normal... dan lagi-lagi aku mengabaikan rasa nyeri itu.... sampai suatu malam aku sudah tidak nyenyak tidur d karenakan kram lengan kiri yang teramat.... di waktu itu jadwal bulananku juga sedang datang, ketika aku merasakan nyeri di dada sebelah kiri... tidak sengaja aku memegang (maaf) mammae kiriku (payudara)... dan betapa kagetnya aku ketika aku menemukan benjolan yang lumayan besar pada mammae kiriku.....

Keesokkan harinya aku menjelajahi internet dan mencari tahu penyakit apa yang aku idap dengan gejala2 sperti yang aku alami ...., dari berbagai literatur aku mendapat jawaban bahwa jika seorang wanita dalam keadaan haid atau prahaid, wajar jika mammae kita mengeras dan sakit... waktu yang baik untuk memeriksa kondisi mammae adalah seminggu setelah masa haid selesai...., akupun menunggu selama seminggu setelah masa haidku berlalu... dan ternyata setelah kuperiksa benjolan itu masih ada.... dan bersegerahlah diriku menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan... dokter merujuk untuk dilakukan usg, dan hasilnya ada kista kecil, dan dokter menyatakan aman untuk saat sekarang dan kembali konsul lgi stelah 3 bulan kemudian....

Di waktu aku menunggu... aku sll msh sja merasakan sakit,,, maka aku berinisiatif ke kota Makassar untuk menemui spesial ahli bedah tumor...., Dr. Haryasena, SpB (K) onk adalah dokter yang menjadi tujuanku... stelah di lakukan serangkaian pemeriksaan maka dokter menyarankan agar benjolan itu segera di angkat agar bs d ketahui apakah benjolan itu ganas atau tidak... mendengar kata "operasi" akupun menjadi takut bukan main.... dan setelah di jelaskan lebih lanjut ternyata operasi pengangkat benjolan pada mammae tergolong operasi yang ringan,,, akupun memberanikan diri untuk melakukan operasi

Pasca operasi dan benjolan yang diangkat sudah dibawa ke laboratorium patologi untuk di periksa lebih lanjut di ketahuilalh bahwa benjolan pada mammaeku adalah  fam.
Fam atau Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang paling sering terjadi pada wanita. tumor ini terdiri dari gabungan antara kelenjar glandula dan fibrosa. secara histologi intracanalicular fibroadenoma pada mammae yang secara tidak teratur dibentuk dari pemecahan antara storoma fibrosa yang mengandung serat jaringan epitel. fam pada mammae yang merupakan kelenjar atau kista yang dilingkari oleh jaringan epitel pada satu atau banyak lapisan. tumor ini dibatasi letaknya dengan jaringan mammae oleh suatu jaringan penghubung. Fam belum diketahui penyebabnya. fam ini berkonsistensi padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya yang mempunyai bentuk bulat atau lonjong dan berbatas tegas.

Sebenarnya  fam bisa sj tdk di lakukan pengangkatan jika itu sdh diyakinkan mmg fam, tetapi jika fam   sdh terasa nyeri sampai menganggu maka disarankan untuk dilakukan pengangkatan, kebanyakan pengangkatan fam dilakukan untuk keperluan diagnosa apakah ada tanda-tanda keganasan atau tidak.

Sekarang setelah pasca operasi aku sudah tidak merasa sakit lagi, dan jika teman-teman merasakan sakit atau menemukan benjolan pada mammae, jangan langsung berfikiran yang macam-macam, ada baiknya teman-teman memeriksa sndiri mammae teman-teman seminggu setelah haid, dan jika teman-teman menemukan benjolan baiknya segera di periksakan ke ahlinya, karena yang tau kondisi kita adalah kita sendiri disamping hasil diagnosa dokter... so teman2 jgn takut jika menemukan "kelainan" pada mammae teman-teman ^^......, dan segeralah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat......


2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr wb... Mbak, itu Dr. Haryasena, SpB (K) onk, Laki-laki atau Perempuan ?

    BalasHapus
  2. Waalaikum slm, dia laki2.... just info untuk cari dr. perempuan yg spesialis bedah tumor itu agak sulit d kota Makassar....

    BalasHapus