Senin, 25 Maret 2013

Jus terong belanda....

Terong belanda adalah sejenis terong yang rasanya beraneka macam seperti permen nano2 hehehe^^, aku katakan demikian karena di lidahku rasa terong belanda bercampur aduk... ada rasa manisnya, ada rasa sepatnya, dan ada rasa masamnya, tetapi yang lebih dominan adalah rasa masamnya....
terong belanda biasanya tumbuh di daerah yang berhawa sejuk, di sulawesi selatan terong belanda banyak tumbuh di daerah tanah toraja...., perkenalanku dengan terong belanda sudah di mulai ketika aku berumur 9 thn, aku di berikan oleh salah satu temanku yang pulang berlibur dari kampungnya (endrekang)... wkt itu aku masih gak ngerti cara makannya... alhasil si terong belanda hanya aku makan saja langsung... dan jujur saja, waktu itu aku gak mau lagi memakannya karena rasanya yang masih aneh dengan lidahku.....
Setelah sma aku berjumpa kembali dengan terong belanda...(maklum d daerahku si terong belanda sangat jarang di jumpai malah sampai tidak ada), waktu itu aku kembali memakannya tetapi sebelum memakannya aku memijat2nya dulu sampai si terong lunak (cara ini di ajarkan oleh temanku) dan mulailah aku mengisap bagian ujungnya secara langsung dan ajaib ... aku mulai menyukai rasa asamnya..... dan diriku tambah menyenanginya karena khasiat yang ada pada terong dan warnanya yang berwarna ungu kemerah maroon-an^^.....

Anw ada beberapa khasiat dari terong belanda, terong belanda banyak mengandung vitamin A, bagus untuk kesehatan mata, banyak mengandung vit C sehingga bagus juga untuk sariawan dan untuk kekebalan tubuh, kaya mineral seperti potasium, fosfor dan magnesium yang baik untuk tubuh, Kaya serat sehingga bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit, Mengandung antosianin termasuk kedalam golongan flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan....
Setelah kuliah aku bertemu lagi dengan terong belanda tetapi dalam bentuk jus... dan aku sangat menyukai jus terong belanda....so... jika aku berkesempatan dengan teman-teman untuk sekedar makan di luar maka diriku tidak akan lupa memesan jus terong belanda^^
Sekarang aku berjumpa lagi dengan "buah langka (bagiku^^)" itu.... aku di berikan oleh salah satu rekan kerja yang orang tuanya memang berdomisili di daerah tanah toraja dan aku lumayan sering di berikan oleh rekanku itu...dan kusulaplah si terong belanda menjadi jus yang sungguh menggiurkan...
so.... simak yo' jus terong belanda ala ni2...^^

Siapkan :
1. Terong belanda 6-7 buah
2. Es batu secukupnya
3. Gula pasir secukupnya
4. Susu kental manis secukupnya
5. Air secukupnya 

Cara buat :
1. Kupas terong belanda dan potong2
2. Blender terong, es batu, gula, susu dan air sampai semua bahan tercampur dan terong menjadi lembut
3. Saring blenderan terong tadi, dan jus kita siap di hidangkan untuk 3 gelas


Wiiiuuhh... ternyata terong belanda di samping memiliki khasiat yang banyak terong belanda bisa menjelma menjadi minuman yang sangat menyegarkan jika kita olah dengan benar.... n warna dari jus terong belanda juga sangat menggugah selera.... so mari kita berjus ria^^....


"thanks to bunda yani atas  terong belandanya... jgn bosan2 yach hehehehe....^^"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar