Senin, 25 Agustus 2014

Rikhlah liqo vs klapetart ^^

Minggu kemarin liqo kami mengadakan rikhlah di pantai ide, yang mempertemukan semua liqo-liqo yang ada d soroako, adapun agenda acaranya adalah perlombaan membuat nasi goreng, mengisi air dalam botol, dll.... sebenarnya hari minggu itupun aku berencana membuat klappetaart yang sudah aku search di internet ^^, dan berhubung acara rikhlah kami ini di lakukan dalam 3 bulan sekali maka niat untuk membuat klapetart, aku tangguhkan dulu (sambil dalam hati bergumam... 'tidak pernah tong jadi rencanaku bikin kue di hari yang di rencanakan... pasti selalu di undur ^^')

Dan bersiaplah kami untuk ke pantai, tapi sebelum itu di hari jumat aku dan teman-teman bersepakat kumpul uang untuk membali bahan-bahan nasi goreng... dan karena aku senang masak, maka aku menawarkan ke teman-teman biar aku yang belanja + membuat nasi goreng di rumah..., di pantai nanti teman-teman sisa meng'garnish'nya saja.....

Nasi goreng yang kubuat ini, sengaja aku buat rada special karena akan di gunakan nantinya untuk bertanding...., di sabtu siang, berangkatlah aku ke pasar (yang memang sangat dekat dari rumah^^), dan mencari bahan-bahannya : 

1. Bakso secukupnya
2. Udang secukupnya
3. Hati ayam + empela secukupnya
4. Wortel secukupnya
5. Timun secukupnya
6. Tomat secukupnya
7. Telur 4 butir
8. Penyedap rasa
9. Bawang Merah 
10. Bawang Putih
11. Cabe kecil
12. Kecap manis
13. Penyedap rasa
14. Dan tentu saja beras untuk membuat nasinya

Pulang dari pasar segeralah aku membersihkan hati dan empela ayam dan merebusnya sampai empuk dan menyisihkannya ke dalam kulkas, dan menguliti udang.... sengaja aku kerjakan di awal, biar besok hari tidak terburu-buru, mengingat rikhlah kami di mulai pukul 08.30...., malam harinya aku segera menanak nasi (unk 6 porsi), dan membiarkannya di dalam pemanas
Pagi hari mulailah aku membuat nasi goreng specialku :
Potong2 kecil hati dan empela ayam yang sudah direbus sisihkan, rebus udang sampai berubah warna sisihkan, iris tipis2 bakso yang sudah di belah dua, tumis sebentar dan sisihkan, haluskan bawang putih dan bawang merah, panaskan wajan... dan tumis bawang yang sudah di haluskan tadi bersama cabe kecil halus sampai harum, masukkan kecap manis dan penyedap rasa... setelah harum masukkan nasi dan aduk-aduk sampai nasi agak mengering, tambahkan kecap lagi, masukkan hati + empela ayam, bakso dan udang aduk2 lagi, dan angkat (sblm diangkat jgn lupa di icip2 dulu).
Setelah selesai, berangkatlah kami di pantai... setelah pembukaan sebentar, maka di mulai lomba meng'garnish' nasi goreng, wortel, dan timun kami bentuk agar kelihatan cantik juga telurnya... terakhir kami menaburinya dengan bawang goreng....., nasi goreng kamipun kelihatan menarik sekali.... ^^, satu pesatu lomba di adakan dan di ujung rikhlah di umumkanlah pemenangnya, dan nasi goreng kami berhasil jadi juara ke 3, dan liqo kami juara satu pada perlombaan angka berkait...., kami pulang dengan rasa senang dan bahagia.... hehehe...

Nasi goreng kami jadi indah.... ^^
Sampai di rumah dan setelah sholat dhuhur, ternyata masih ada keinginan untuk membuat klappetaart... dengan semngat masak yang bergelora (hehehe)... berangkatlah aku toko bahan kue dan membeli semuanya.... adapun bahan - bahan yang aku buru :

1. 50g tepung Custart
2. 50g tepung Terigu
3. 50g tepung Maizena
4. 1 ltr susu
5. 250g gula pasir
6. 150g mentega
7. 6 butir kuning telur
8.  2 buah kelapa muda di keruk
9. 100g kacang almond sangrai
10. 1/4 sdt bubuk kayu manis
Topping : 6 butir putih telur, 4 sdm gula pasir, 50 gr kismis (rendam dlm air panas), sedikit bubuk kayu manis

Sesampainya di rumah akupun mulai mengikuti semua langkah-langkah pembuatan klappetaart yang aku peroleh di internet :
Rebus 800cc susu bersama gula di atas api sedang, sisa susu (200cc) d campur dengan tepung custart, tepung maizena, dan tepung terigu dan saring, masukkan campuran susu + tepung tadi kedalam susu rebus dan aduk - aduk sampai kental di atas api kecil agar campuran susu + tepung tidak gosong, angkat jika adonan sudah meletup-meletup, masukkan mentega kedalam adonan yang masih panas, masukkan satu persatu kuning telur, masukkan bubuk kayu manis, kelapa dan almond panggang aduk semuanya sampai tercampur rata, tuang ke loyang alumunimum foil sampai 3/4 tinggi loyang dan panggang, sambil menunggu adonan di panggang, kocok putih telur sampai kaku, masukkan gula dan kocok rata, stlh adonan setengah matang keluarkan adonan dan beri toping (kocokan putih telur), taburi dengan kismis dan kayu manis, panggang lagi sampai putih telur berwarna kecoklatan, angkat, hilangkan uap panasnya dan simpan di dalam kulkas..... 

klappetaart yang tidak tertunda lagi hehehehe.....
Karena kemarin aku puasa, maka aku tidak bisa mencoba klappetaartku setelah selesai, dan memamg klappetaart ini sangat nikmat jika di hidangkan dalam keadaan dingn...., stelah adzan berkumandang aku mencobanya... ternyata maknyuuusssss....dan sukses banget... , baru kali ini pula aku berencana buat kue tidak pake di undur-undur dulu walaupun di menunggu setengah hari dulu.... hehehehe... minggu yang menyenangkan dan mari membuat kue..... ^^



Masih di hari minggu dengan semangat memasak yang menggelora wkkwk... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar