Rabu, 27 Februari 2013

kata2 bijak Soekarno sang pemimpin.......

Minggu ini adalh minggu di mana  mahasiswa  menghadapi UAS, yang membuat aku memiliki sedikit waktu yang  sedikit lowong untuk sekedar menjelajahi dumay....^^

seperti pagi2 biasanya aku, dan teman2 seruangan ngobrolin banyak hal... mulai dari hal yg konyol, hal-hal yang gak penting, sampai hal yang serius... pagi ini entah mengapa obrolan kami membicarakan tentang presiden pertama negara tercinta ini.... masih penasaran dengan sosok bapak kita ini.... maka akupun mulai mencari semua tentangnya.... dan kutemukanlah beberapa kata-kata beliau yang membakar semangat rakyat indonesia kala itu..... *gak heran sang bapak di kenal sebagai sang orator ulung.....




1. "Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia"

2. "Tidak seorang pun yang menghitung-hiutng : bereapa untung yang judapat dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahnkannya (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) 

3. "Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. kerna kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat dan diatas segalnya adalah kekuasaan tuhan yang maha esa" 

4. "Apabila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkahpun" 

5. "Bangsa yang besar adalah bengsa yang menghormati para pahlawannya " (Pidato hari pahlawan 10 Nop 1961) 

6. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit kaena melawan bangsamu sendiri" 

7. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan sirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) 

8. ".....................Bangunlah suatu dunia dimana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan...." (bung karno) 

9. "Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup dimasa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali" (Pidato HUT Proklamasi. 1949 Soekarno) 

10. "Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segitiga warna. selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk, pekerjaan kita belum selesai !!, berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno) 

11. "Firman Tuhan inilah gitaku, Firmna Tuhan inilah harus menjadi gitamu : "Innallahu la yu ghoiyiru ma bikaumin, hatta yu ghoiyiru ma biamfusihim"... "Tuhan tidak merubah nasib sesuatu bangsa sebelum bangsa itu merubah nasibnya" (pidato HUT Proklamasi, 1964 Bung Karno) 

12. "janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari masa yang akan datang" (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno)

13. "Apakah kelmahan kita : kelemahan kita ialah kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi penjiplak luar nengri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah rakyat gotong royong (Pidato HUT Proklmasi, 1966 Bung karno)

14. "Aku lebih suka lukisan samudra yang bergelombangnya memukul, menggebu-gebu, dari pada lukisan sawah yang adem ayem tentrem, "Kadyo siniram wayu sewindu lawase" (Pidato HUT Proklamasi 1964 Bung Karno)

15. "Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai kepuncak yang setinggi-tingginya, jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali

16. "Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu ! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, dari pada makan bestik tetapi budak. [Pidato HUT Proklamasi, 1963]


Wuuiiiihhhh..... bener2 dech bapak kita yang satu ini.... seandainya negara ini "melahirkan" seorang lagi pemimpin seperti dia...., maka keadaan negara ini akan jauh lebih baik...... berharap semoga kembali bertemu dengan pemimpin "soekarno ke 2"...... semoga......!!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar